Langsung ke konten utama

7 Cara Menanam Anggrek dengan Media Arang Paling Mudah

 


1. Menyiapkan Bibit Kompot
Tahapan budidaya yang pertama adalah tentunya menyiapkan bibit yang akan digunakan dalam budidaya seperti pada cara menanam bunga pokok siti zubaidah . Sebelum memilih bibit maka sebaiknya ada tentukan terlebih dahulu akan membudidayakan anggrek jenis apa.
Namun, jika boleh metekomendasikan maka disarankan untuk membudidayakan anggrek bulan atau dendrobium. Kedua jenis anggrek ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan diminati oleh para hobiis anggrek. Untuk mempertinggi tingkat keberhasilan, maka sebaiknya gunakan bibit kompot. Keunggulan bibit kompot selain ukuran lebih besar juga tingkat kehidupan saat dipindahtanamkan dan dibudidayakan akan lebih besar, Sebaiknya pilih bibit kompot dengan kriteria berikut :
  • Ketahui dengan jelas asal usul bibit.
  • Bibit kompot harus dalam kondisi sehat dan tidak terpapar hama atau penyakit.
  • Sebaiknya beli bibit di tempat yang terpercaya.
  • Bibit yang sehat di tunjukkan dengan warna daun yang berwarna hijau cerah.
  • Daun berukuran lebar dan panjanh.
  • Selain itu juga perhatikan kondisi akar tanaman.
  • Sebaiknya pilih tanaman yang akarnya tidak keluar dari dalam pot untuk menghindari kebusukan pada akar.
2. Menyiapkan Alat dan Bahan
Tahapan selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan serta juga lokasi budidaya sebagaimana cara menanam bunga pukul 8 . Berikut beberapa hal yang wajib disiapkan :
  • Pot genteng.
  • Pecahan batu bata, dan media arang kayu.
  • Rumah jarinh sebagai lokasi budidaya.
  • Handsprayer.
  • Pupuk growmore dengan kandungan Nitrogen tinggi.
  • Insektisida dan fungisida.
  • Bibit anggrek berkualitas. 
3. Melakukan Penanaman atau Aklimatisasi
Setelah semua alat bahan siap, maka tahapan selanjutnya tidak lain adalah melakukan penanaman seperti cara merawat bunga melati agar cepat berbunga . Pindah tanam ini dikenal dengan istilah aklimatisasi. Dimana hal ini merupakam proses pemindahan binit anggrek ke wadah pot yang lebih besar agar pertumbuhan tanaman anggrek lebih maksimal.
Tahapan aklimatisasi dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Pertama siapkan media tanam, dengan mengisikan pecahan batu bata yang steril atau yang telah terlebih dahulu di rebus kedalam pot.
  • Isikan 1/3 pada baian dasar pot, pecahan batu bata ini berfungsi sebagai pemberat agat nanti pot tidak rebah saat tanaman tumbuh membesar.
  • Selanjutnya, rebus terlebih dahulu arang kayu agar lebih steril.
  • Kemudian masukkan 2/3 bagian yang kosong di pot diisi dengan arang kayu.
  • Jika ukuran arang kayu relatif besar maka sebaiknya anda pecah-pecah ukurannya agar menjadi lebih kecil.
  • Setelh itu biarkan media tanam, selanjutnya anda dapat menyiapkan bibit tanaman anggrek.
  • Keluarkan bibit dari dalam kompot, keluarkan dengan hati-hati jangan sampai merusak bagian perakaran.
  • Kemudian rendam keseluruhan bibit dengan larutan fungisida 2 g/l selama 15-20 menit.
  • Setelah itu kemudian kering anginkan bibit, baru kemudian dapat dilakukan penanaman.
  • Sebaiknya penanaman dilakukan pada sore hari, agar persentase kehidupan tanaman menjadi lebih besar.
  • Tanamkan bibit kedalam pot, pastikan akar tertanam sempurna kedalam media dan posisi tanaman tegak lurus.
  • Selanjutnya kemudian masukkan bibit yang telah diaklimatisasi kedalam rumah jaring yang tersedia.
  • Susun dengan rapi dan biarkan selama 3-5 hari sekaligus jangan menyiram tanaman. 
4. Penyiraman
Penyiraman pertama dilakukan pada saat tanaman berumur 5 hari setelah tanam. Frekuensi penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari sebagaimana cara merawat bunga buah naga . Penyemprotan memggunakan handsprayer. Semprot pada bagian media dan sesekali semprot juga bagian daun tanaman. Jika musim penghujan maka sebaiknya kurangi frekuensi penyiraman agar tanaman tidak mengalami kebusukan. Sebaliknya jika musim kemarau dan cuaca panas maka frekuensi penyiraman dapat di tingkatkan.
5. Pemupukan
Pemupukan dilakukan dengan penyemprotan menggunakan Pupuk cair. Pemupukan pertama dilakukan dengan menyemprotkan pupuk dengan kandungan Nitrogen tinggi kemudian di larutkan kedala air dan disemprotkan sebagaimana cara menyimpan bunga kamboja . Penyemprotan dilakukan langsung ke daun tanaman, sehingga sebaikya gunakan pupuk daun. Jika penyemprotan dengan pupuk sudah dilakukan maka tidak perlu disiram lagi menggunakan air.
6. Pengendalian Hama dan Penyakit
Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman anggrek bervariasi sebagaimana pada cara menanam bunga oleander . Namun, penyakit yang paling sering dan mudah menyerang adalah penyakit busuk akar atau juga busuk daun. Penyakit ini biasa terjadi pada saat musim hujan tiba disebabkan oleh kondisi cuaca yang lembab dan kadar air yang tinggi. Pengendalian secara preventif dilakukan dengan cara menyemprotkan fungisida dan bakterisida untuk mengendalikan pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab kebusukan.
7. Bunga Anggrek Siap Berbunga
Sejak ditanam hingga masa berbunga tiba membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun seperti juga cara menanam mawar potong . Pada tahap awal biasanya tanaman akan menghasilkan bunga yang relatif sedikit.
Untuk bunga jenis dendrobium biasanya bunga akan lebih lama bertahan dibandingkan dengan angrek bulan atau Phalaenopsis . Setelah bunga mekar sempurna maka bunga akan gugur dan pada musim berikutnya baru akan menghasilkan bunga kembali. Dengan perawatan yang intensif maka tanaman anggrek akan bisa bertahan hingga 5 tahun dan masih cukup produktif dalam menghasilkan bunga.
Alternatif lain, anda bisa menjual tanaman anggrek yang siap berbunga. Peluang usaha ini tentunya lebih menjanjikan. Selain itu, para hobios juga cenderung mencari tanaman anggrek yang siap berbunga untuk kemudian mereka rawat sendiri dan mengjasilkan bunga sendiri. Tentu saja dengan demikian maka anda bisa memotong biaya produksi sehingga tidak membengkak. Tentunya harga jual tanaman anggrek siap bunga juga akan lebih murah dibandingkan dengan tanaman anggrek yang sudah menghasilkan bunga.
Itulah tadi, 7 Cara Menanam Anggrek Dengan Media Arang bagi pemula. Meskipun secara analisis biaya, budidaya yang dilakukan relatif membutuhkan biaya yang besar. Namun, tentunya akan seimbang dengan hasil yang didapatkan. Karenanya tentu usaha ini juga relatif cukup layak untuk dicoba. Terutama bagi anda yang memiliki minat dalam budidaya tanaman hias. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat.




































sumber:ilmubudidaya.com

Komentar

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

film anak bangsa

Rekomendasi film animasi indonesia terbaik 1.Adit & Sopo Jarwo Adit & Sopo Jarwo , salah satu film animasi terbaik karya anak bangsa ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mengangkat tema kehidupan sehari-hari yang lokal banget membuat animasi Adit dan Sopo Jarwo mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Ceritanya yang penuh pesan moral juga menjadi salah satu alasan kenapa Adit dan Sopo Jarwo pantas disebut sebagai salah satu film animasi Indonesia terbaik. Jika kamu sedang mencari tontonan yang ringan, lucu dan penuh pesan moral, maka Adit dan Sopo Jarwo bisa menjadi pilihan yang tepat. 2.Battle Of Surabaya Ini dia film animasi Indonesia yang sempat booming di tahun 2015,  Battle of Surabaya . Film yang digarap oleh MSV Pictures ini memiliki kualitas grafis yang memukau, sehingga bisa meraih berbagai penghargaan di dunia perfilman Internasional. Termasuk berbagai penghargaan di ajang INAICTA 2012 dan International Movie Trailer Festival (IMTF) 201

adat istiadat jawa

12+ Adat Istiadat Jawa Beserta Penjelasanya [Paling Lengkap & Menarik]   Adat Istiadat Jawa  – Mungkin ada salah satu dari kalian yang belum mengetahui tentang adat istiadat Jawa ini, oleh karena itu pada artikel ini  InsyaAllah  saya akan menulis tentang adat istiadat yang ada di Jawa. Dengan adanya artiekel tentang adat istiadat jawa ini mudah-mudahan dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk para pembaca isi dari artikel ini. travelingyuk.com Masyarakat Jawa biasa hidup didalam lingkungan yang memiliki adat istiadat yang cukup kental sekali dengan masyarak setempat. Adat istiadat jawa ini masih sering dipakai ketika ada acara atau kegiatan-kegiatan yang di selenggarakan oleh masyarakat-masyarakat jawa setempat. Adat istiadat yang di Jawa ini selain digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh masyarakat setempat, adat istiadat ini juga kerap digunakan dalam kehidupan-kehidupan manusia, contohnya seperti masa-masa kehamilan sampai kematian pun adat

makanan termahal didunia

10 Makanan Termahal di Dunia Dengan Harga Fantastis 1. Semangka Densuke – Semangka Hitam Langka Khas Hokaido Berapa harga tertinggi yang akan anda keluargakan untuk sebuah semangka? 100 ribu? Di Jepang, jika anda ingin mencicipi semangka hitam Densuke asal Hokaido, anda harus membayar setidaknya Rp. 2-3 juta untuk satu sebuah semangka sajah. Semangka Densuke ini sangat langka. karena hanya tumbuh di pulau bagian utara tepatnya di Hokaido. Densuke-Black-Watermelon Semangka ini memiliki ciri khas kulit luar berwarna hitam seperti arang dengan tekstur buah yang garing dan manis di dalam.Karena tumbuh di ats tanah vulkanik yang subur, semangka ini tidak dapat diproduksi secara massal. Setiap tahunnya, hanya 10.000 semangka tumbuh di lokasi khusus ini sehingga membuat semangka ini menjadi oleh-oleh eksklusif dari Hokaido. 2. Omelet Zillion Dollar Lobster – New York Makanan Termahal selanjutnya adalah Omelet Zillion Dollar Lobster. Omelet memang adalah salah satu je