Langsung ke konten utama


Makanan Khas Jawa Timur, Kelezatannya Tiada Tara

  Di pulau seluas 47.922 kilometer persegi, Jawa Timur tak hanya memiliki wisata alam yang menarik, tetapi juga makanan enak yang wajib kamu coba. Makanan khas Jawa Timur itu dikenal dengan menggunakan terasi dan petis sebagai pemberi rasa pada masakan.
Makanan khas Jawa Timur juga cenderung memiliki rasa pedas. Dari sekian banyak kuliner khas Jawa Timur, Inilah beberapa Kuliner khas Jawa Timur enak yang sering kamu jumpai.

1. Pecel

7 Makanan Khas Jawa Timur, Kelezatannya Tiada Tara! Bahan utama makanan ini adalah beberapa jenis sayur rebus yakni kangkung, kacang panjang, kol, irisan timun, dan tauge. Semua bahan dicampur dengan sambal kacang, makin nikmat dinikmati dengan rempeyek.
Ada beberapa kota yang mempunyai nasi pecel yang enak dengan ciri khasnya masing-masing seperti Kediri, Madiun, dan Blitar. Biasanya kamu lebih suka makan nasi pecel saat sarapan atau makan malam, nih?

 

2. Rawon

7 Makanan Khas Jawa Timur, Kelezatannya Tiada Tara!
Ciri khas masakan ini adalah kuahnya berwarna hitam pekat yang didapat dari penggunaan kluwek. Beberapa bahan bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, dan lain-lain.
Selain terkenal di Surabaya, rawon Pasuruan pun tak kalah enaknya dengan sate komoh sebagai pelengkap.

3. Rujak Cingur

7 Makanan Khas Jawa Timur, Kelezatannya Tiada Tara!




Salah satu kuliner khas Surabaya ini memang mantap untuk dijadikan menu makan siang. Nama rujak Cingur ini adalah menggunakan salah satu bahan utama pada rujaknya yakni irisan daging mulut (cingur) sapi.
Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, bengkuang, nanas, yang dipadukan dengan lontong atau nasi, tahu, tempe, cingur, sayuran, dan terakhir disiram saus dari olahan petis udang dan bumbu lainnya.

4. Rujak Soto

7 Makanan Khas Jawa Timur, Kelezatannya Tiada Tara!

Apakah kamu baru tahu tentang rujak soto khas Banyuwangi ini? Makanan ini memang menggabungkan dua jenis makanan yakni soto kuning dengan rujak. Tanpa dicampur saja, kedua makanan tersebut sudah sangat enak dan menggoda, kalau digabung rasanya pasti makin maknyus. Apa kamu pernah mencoba rujak soto?

5. Soto

7 Makanan Khas Jawa Timur, Kelezatannya Tiada Tara!

Soto memang makanan populer khas Indonesia yang tersebar hampir di seluruh daerah. Hal yang menjadi pembeda soto Jawa Timur dengan daerah lainnya adalah soto Lamongan yang terkenal dengan koya, serta soto dok Jombang dengan kuahnya tidak teralu kental dan bening.
Bumbu kuah inilah kuncinya, hingga soto terasa lezat dan lebih lengkap dari soto lainnya. Sebab, kuah itu terbuat dari bumbu yang terdiri dari ketumbar, jinten, sere, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, merica, garam dan kemiri, dengan pelengkap bawang goreng.

6. Tahu Campur

7 Makanan Khas Jawa Timur, Kelezatannya Tiada Tara!
Makanan ini terdiri dari selada, tauge, lontong, mie kuning, tahu goreng, dan potongan lentho singkong yang menyatu kedalam kuah kaldu tetelan sapi yang gurih.
Makanan khas Lamongan, Surabaya, dan Magelang ini mungkin sekilas mirip ketupat tahu yang populer di daerah Jawa Tengah.


























sumber:www.idntimes.com

Komentar

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

film anak bangsa

Rekomendasi film animasi indonesia terbaik 1.Adit & Sopo Jarwo Adit & Sopo Jarwo , salah satu film animasi terbaik karya anak bangsa ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mengangkat tema kehidupan sehari-hari yang lokal banget membuat animasi Adit dan Sopo Jarwo mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Ceritanya yang penuh pesan moral juga menjadi salah satu alasan kenapa Adit dan Sopo Jarwo pantas disebut sebagai salah satu film animasi Indonesia terbaik. Jika kamu sedang mencari tontonan yang ringan, lucu dan penuh pesan moral, maka Adit dan Sopo Jarwo bisa menjadi pilihan yang tepat. 2.Battle Of Surabaya Ini dia film animasi Indonesia yang sempat booming di tahun 2015,  Battle of Surabaya . Film yang digarap oleh MSV Pictures ini memiliki kualitas grafis yang memukau, sehingga bisa meraih berbagai penghargaan di dunia perfilman Internasional. Termasuk berbagai penghargaan di ajang INAICTA 2012 dan International Movie Trailer Festival (IMTF) 201

adat istiadat jawa

12+ Adat Istiadat Jawa Beserta Penjelasanya [Paling Lengkap & Menarik]   Adat Istiadat Jawa  – Mungkin ada salah satu dari kalian yang belum mengetahui tentang adat istiadat Jawa ini, oleh karena itu pada artikel ini  InsyaAllah  saya akan menulis tentang adat istiadat yang ada di Jawa. Dengan adanya artiekel tentang adat istiadat jawa ini mudah-mudahan dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk para pembaca isi dari artikel ini. travelingyuk.com Masyarakat Jawa biasa hidup didalam lingkungan yang memiliki adat istiadat yang cukup kental sekali dengan masyarak setempat. Adat istiadat jawa ini masih sering dipakai ketika ada acara atau kegiatan-kegiatan yang di selenggarakan oleh masyarakat-masyarakat jawa setempat. Adat istiadat yang di Jawa ini selain digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh masyarakat setempat, adat istiadat ini juga kerap digunakan dalam kehidupan-kehidupan manusia, contohnya seperti masa-masa kehamilan sampai kematian pun adat

makanan termahal didunia

10 Makanan Termahal di Dunia Dengan Harga Fantastis 1. Semangka Densuke – Semangka Hitam Langka Khas Hokaido Berapa harga tertinggi yang akan anda keluargakan untuk sebuah semangka? 100 ribu? Di Jepang, jika anda ingin mencicipi semangka hitam Densuke asal Hokaido, anda harus membayar setidaknya Rp. 2-3 juta untuk satu sebuah semangka sajah. Semangka Densuke ini sangat langka. karena hanya tumbuh di pulau bagian utara tepatnya di Hokaido. Densuke-Black-Watermelon Semangka ini memiliki ciri khas kulit luar berwarna hitam seperti arang dengan tekstur buah yang garing dan manis di dalam.Karena tumbuh di ats tanah vulkanik yang subur, semangka ini tidak dapat diproduksi secara massal. Setiap tahunnya, hanya 10.000 semangka tumbuh di lokasi khusus ini sehingga membuat semangka ini menjadi oleh-oleh eksklusif dari Hokaido. 2. Omelet Zillion Dollar Lobster – New York Makanan Termahal selanjutnya adalah Omelet Zillion Dollar Lobster. Omelet memang adalah salah satu je